Archery Panahan: Alternatif Olahraga Bagi Wanita

Archery Panahan: Alternatif Olahraga Bagi Wanita

Olahraga panahan mungkin seringkali diidentikkan sebagai olahraga yang maskulin sehingga hanya boleh dilakukan oleh pria. Anggapan ini jelas keliru karena Archery panahan faktanya dapat dilakukan oleh siapa saja, termasuk anak-anak, lansia, serta para kaum hawa. Tak hanya membuat tubuh semakin bugar, olahraga ini juga sangat cocok untuk melatih mental Anda serta meningkatkan kualitas pribadi. Jadi, bagi para wanita yang masih ragu untuk mencoba olahraga ini, simak ulasan berikut!

 

Ini sebabnya wanita harus mencoba Archery panahan

Beberapa alasan berikut ini mungkin dapat mengubah keraguan Anda untuk mencoba olahraga panahan.

 

Sunnah

Bagi para pemeluk agama Islam, tahukan Anda bahwa olahraga ketepatan ini adalah salah satu olah fisik yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah Muhammad SAW. Dengan demikian olahraga memanah adalah sunnah yang lebih baik dilakukan dalam keseharian kita. Tak hanya menjadi lebih bugar, kita juga sekaligus dapat mengumpulkan pahala.

 

Tak membutuhkan pakaian khusus

Seperti yang kita ketahui Archery panahan ini bukanlah jenis olahraga yang sangat dinamis dan mengharuskan Anda untuk melompat-lompat atau begerak aktif. Seorang pemanah cukup berdiri pada tempatnya dengan posisi steady sebagaimana teknik dasar memanah kemudian melontarkan arrow atau anak panah. Dengan demikian Anda dapat dikatakan bisa mengenakan pakaian apa pun.

 

Para wanita bahkan boleh mengenakan rok. Tetapi sebaiknya kenakan pakaian yang nyaman, sejuk, dan menyerap keringat. Perlu Anda ketahui walaupun terlihat pasif, tetapi saat menarik string pada busur ini dapat  disamakan dengan aktivitas angkat beban. Apalagi Anda harus menahannya selama beberapa detik saat membidik. Selain itu Anda juga diharuskan berjalan hilir mudik ke arah sasaran untuk melepaskan anak panah.

 

Wanita hamil pun boleh mencoba

Saat tengah mengandung para ibu umumnya dilarang untuk berolahraga untuk menjaga kesehatan janinnya. Tetapi Anda tetap dapat mencoba olahraga ini bila kandungan Anda sehat serta dengan usia dimana kondisi janin sudah cukup kuat.

 

Melepaskan stress

Secara umum olahraga, termasuk Archery panahan dapat membantu melepaskan stress dan tekanan akibat rutinitas harian yang sibuk. Rajin berlatih memanah ternyata juga dapat melatih ketenangan serta focus kita. Beberapa wanita yang mencoba olahraga ini mengaku merasa lebih lega saat melontarkan anak panahnya ke sasaran. Anda bisa membayangkan bahwa anak panah itu adalah emosi negatif yang Anda cabut keluar dari diri Anda dengan melesatkannya ke sasaran.

 

Bisa mengajarkan kepada anak

Bila Anda rajin berlatih Archery panahan dan menjadi professional tentu Anda dapat mengajar sendiri buah hati dasar-dasar olahraga ini. Selain dapat meningkatkan kedekatan tentu ini akan menjadi kenangan yang membekas di hati putra-putri kecil Anda hingga dewasa nanti. Selain itu perlu diketahui bahwa olahraga ini juga membantu si kecil mendapatkan focus, ketenangan, control, percaya diri, serta berbagai sikap mental positif lainnya.

 

Bukan lagi olahraga mahal

Bila dulu Anda menganggap bahwa memanah adalah olahraga yang mahal dan eksklusif, anggapan itu memang tidak salah, tetapi juga tidak 100% benar. Penyebabnya adalah peralatan yang dibutuhkan untuk olahraga tersebut memang cukup mahal, belum lagi membutuhkan tempat latihan khusus demi keamanan orang lain.

 

Tetapi seiring dengan trend olahraga ini yang kian diminati, Anda tinggal bergabung pada klub-klub panahan yang banyak tersebar di kota-kota besar di Indonesia. Sebagian besar bahkan menyediakan peralatan Archery panahan yang boleh digunakan oleh member untuk berlatih. Sementara Anda meningkatkan kemampuan untuk memanah Anda juga bisa sambil menabung untuk membeli peralatan lengkapnya.

 

Semoga bermanfaat!

Tags:

panahan

Bagikan Post:

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar