Ini Manfaat Olahraga Panahan

Ini Manfaat Olahraga Panahan

Kamis, 23 Agustus 2018

Ini Manfaat Olahraga Panahan

Bagi mereka yang awam olahraga memanah seringkali dianggap sebagai olahraga yang tidak aktif, tetapi faktanya untuk tampil optimal para atlet atau penghobby olahraga ini, terutama pada saat kompetisi memerlukan kekuatan yang besar, fokus, serta daya tahan. Olahraga panahan saat ini memang semakin banyak diminati kalau tak dapat dibilang sebagai trend olahraga baru. Bagi Anda yang tak pernah mencoba olahraga yang satu ini mungkin terkejut dengan manfaat kesehatan yang bisa kita peroleh dari latihan memanah secara rutin.

 

Ini manfaat olahraga panahan dari segi kesehatan

Tak tanggung-tanggung ternyata ada 10 manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan dari latihan memanah.

·        Meningkatkan keseimbangan tubuh juga koordinasi antara mata dan tangan.

·        Membuat fleksibilitas jari dan tangan semakin bertambah.

·        Meningkatkan kekuatan jasmani.

·        Dari segi psikis akan membantu yang bersangkutan menjadi lebih sabar.

·        Meningkatkan konsentrasi serta focus.

·        Menambah kepercayaan diri.

·        Panahan juga olahraga yang bersifat social.

·        Salah satu bentuk latihan untuk kebugaran stamina.

·        Sebagaimana yoga, olahraga memanah juga memberikan dampak relaksasi.

·        Olahraga ini dapat dilakukan oleh semua usia, gender, profesi, kalangan, dan sebagainya.

 

Inilah bagian tubuh yang dilatih dengan olahraga panahan

Bagian tubuh inilah yang akan terlatih dengan rutin melakukan olahraga memanah atau archery.

 

Meningkatkan kekuatan pada tubuh bagian atas

Latihan memanah mirip dengan mengangkat beban tapi dengan menarik busur yang artinya menempatkan tekanan pada punggung, bahu, dada, otot, dan kedua otot tangan. Anda juga harus menahan “beban” tersebut sebelum melepaskan string untuk melentingkan anak panah. Bila dilakukan secara berkala atau berulang-ulang sejumlah besar otot pada bagian yang disebutkan di atas akan berkembang, tentu saja sesuai waktu yang Anda dedikasikan untuk aktivitas tersebut.

 

Meningkatkan keseimbangan

Bagi pemanah kompetitif, untuk sukses mencapai target mereka harus memiliki keseimbangan yang baik. Ini karena yang bersangkutan harus mampu menahan tubuhnya baik saat melepaskan busur bahkan saat mulai membidik. Inilah sebabnya latihan panahan baik untuk memperoleh kendali atas keseimbangan tubuh terutama saat berkonsentrasi untuk mencapai target. Semakin sering Anda berlatih otot inti Anda akan semakin terbiasa untuk menjaga tubuh tetap seimbang dans stabil sejak saat mulai membidik hingga melontarkan anak panah.

 

Koordinasi

Kemampuan koordinasi antara mata dan tangan sangat penting dalam olahraga ini. Archery akan melatih tangan untuk bekerjasama dengan melakukan aktivitas yang berlainan. Koordinasi Anda tentu akan meningkat seiring dengan semakin seringnya melakukan latihan. Manfaatnya Anda juga akan semakin terampil melakukan olahraga lain yang membutuhkan koordinasi, seperti basket dan sepakbola.

 

Berjalan

Jangan dikira bahwa olahraga “pasif” ini tak akan membuat Anda berkeringat, karena nyatanya seorang pemanah kompetitif harus berjalan hingga 8 km, termasuk bergerak dari satu sisi ke sisi yang lain untuk menyelesaikan sesi memanahnya. Selain itu aktivitas berjalan juga dibutuhkan saat mengambil kembali anak panah dari target. Secara tak sengaja Anda juga telah melakukan latihan kardio yang tidak hanya meningkatkan kesehatan jantung, tetapi juga kekuatan kaki dan otot.

 

Focus

Olahraga panahan cocok untuk dicoba bagi anak-anak yang kurang konsentrasi untuk melatih focus mereka. Bagaimana pun juga, tak hanya mata yang tajam, focus  juga sangat penting untuk sukses  sebagai  atlet memanah. Mengembangkan focus sejak dini juga akan membawa efek positif untuk kesehatan mental serta kesuksesandi masa depan. Focus kepada target akan membuat pikiran semakin jernih juga meningkatkan potensi untuk menang dalam kompetisi.

 

Jadi, jangan ragu untuk mencoba olehraga panahan!

 

Tags:

panahan

Bagikan Post:

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar