Ini Pentingnya Mengajar Anak Olahraga Memanah

Ini Pentingnya Mengajar Anak Olahraga Memanah

Kemajuan teknologi faktanya tak hanya memberikan dampak yang positif bagi masyarakat tetapi juga negatif. Salah satunya adalah anak-anak semakin kecanduan gadget dan enggan beraktivitas di luar ruangan. Padahal pada masa perkembangan dan pertumbuhan tersebut anak seharusnya juga melakukan aktivitas fisik sebagai stimulant. Bagi Anda para orangtua yang menghendaki buah hatinya melakukan aktivitas di luar ruangan untuk melatih fisik mereka, Olahraga memanah adalah salah satu alternatif yang dapat Anda pertimbangkan.

 

Ini alasannya mengapa anak harus Olahraga memanah

Bagi mereka yang belum akrab dengan olahraga ini mungkin menganggap bahwa memanah adalah olahraga pasif. Padahal panahan juga menuntut stamina yang bugar untuk mendapatkan hasil latihan yang maksimal. Berikut penjelasannya.

 

Melatih kebugaran tubuh

Sebelum memulai latihan panahan peserta harus melakukan pemanasan ringan dulu, misalnya dengan peregangan, jalan santai, atau senam. Selain itu pada sesi latihan dimana anak harus meregangkan string dan menahannya untuk membidik ternyata dapat disamakan dengan latihan angkat beban untuk memperkuat otot. Selain itu anak juga diharuskan untuk berjalan berulang-ulang ke arah target untuk melepaskan anak panah. Ini adalah bentuk latihan kardio yang berguna untuk menguatkan jantung. Jadi jangan lagi menganggap bahwa Olahraga memanah tak berkontribusi pada kebugaran fisik.

 

Melatih kemampuan motorik

Berlatih memanah secara rutin akan meningkatkan kemampuan motorik buah hati. Ini didapatkan dengan latihan koordinasi antara mata, kekuatan tangan, serta mengendalikan gerakan tubuh.

 

Membantu mengontrol emosi

Tantrum atau saat anak mengamuk karena keinginannya tak terpenuhi disebabkan olah kurangnya kemampuan untuk mengontrol emosinya. Berlatih memanah mengajarkan anak untuk bersabar agar anak panah yang dilontarkannya dapat mencapai sasaran. Untuk  membantu si kecil mengendalikan amarahnya orangtua dapat mengajarkan bahwa saat putra-putri Anda melontarkan arrow, artinya dia juga telah membuang emosi negatif dari dalam dirinya.

 

Melatih focus

Apakah si kecil mudah terdistraksi dan sulit untuk berkonsentrasi? Bila memang demikian ia harus mencoba Olahraga memanah. Olahraga ini terbukti dapat meningkatkan focus bila dilakukan secara berkala. Saat tengah membidik sasaran seseorang harus tenang dan tak boleh terburu nafsu. Karena target yang diincarnya tidak bergerak artinya ia belajar untuk mengalahkan dirinya sendiri.

Menumbuhkan kepercayaan diri

Memanah terbukit dapat membuang energi negatif sehingga kualitas pribadi seseorang akan meningkat. Bila putra-putri Anda mengalami masalah dalam pergaulan sosialnya seperti merasa rendah diri sehingga sulit bergaul, latihan memanah akan membantunya. Mempunyai keahlian dimana teman-teman sebayanya tidak menguasai kecakapan yang sama pasti akan membuatnya lebih percaya diri. Selain itu mereka yang berlatih memanah secara teratur sudah terbukti mampu meningkatkan fokusnya serta memiliki kendali emosi yang baik.

 

Usia ideal untuk memulai Olahraga memanah ini adalah pada usia 7 atau 8 tahun karena di bawah usia tersebut anak mungkin masih sulit untuk dikendalikan. Semua ini tentu berkaitan dengan perkembangan kondisi psikis si kecil. Untuk melihat minat buah hati Anda, cobalah mencari tempat kursus panahan yang menyediakan fasilitas trial gratis. Bila buah hati terlihat antusias maka Anda dapat mendaftarkannya untuk bergabung.

 

Beberapa kursus panahan juga menyediakan peralatan yang boleh digunakan secara gratis oleh peserta. Dengan biaya kursus sekitar 200 ribu per bulan, peserta memperoleh arm guard, tali busur, dan finger tap. Umumnya ada 3 tingkat dalam pelatihan panahan, yaitu level 1 pada jarak 5 meter – 10 meter, level 2 dengan jarak 18 meter – 30 meter, dan level 3 dengan jarak 30 meter -  50 meter.

 

Tak perlu ragu untuk mengajak  si kecil Olahraga memanah.

Tags:

panahan

Bagikan Post:

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar