Olahraga Panahan Untuk Pemula

Olahraga Panahan Untuk Pemula

Kamis, 23 Agustus 2018

Olahraga Panahan Untuk Pemula

Olahraga ketepatan yaitu archery atau panahan saat ini memang termasuk jenis olah tubuh yang sedang booming. Tak heran bila banyak orang berniat untuk mencobanya. Ada yang mencobanya sebagai sekedar hobby tetapi ada pula yang berniat untuk menjadi pro dan mengikuti berbagai kompetisi Olahraga panahan. Apa pun tujuannya idealnya bagi pemula memang belajar di bawah bimbingan instruktur professional. Tak berbeda dengan olahraga lainnya, untuk menjadi professional dalam panahan ada jenjang-jenjang yang juga harus dilalui. Simak ulasannya berikut ini.

 

Panduan Olahraga panahan untuk pemula

Inilah beberapa tahapan yang bisa menjadi panduan Anda untuk memulai latihan panahan.

 

Pengenalan nama

Sebelum memulai merentangkan string busur Anda untuk pertama kalinya Anda akan dikenalkan dengan istilah-istilah yang berkaitan dengan archery, misalnya bow, string, arrows, limb, dan sebagainya. Karena banyak kosakata yang menggunakan bahasa asing jadi sebagai pemula Anda harus mempelajarinya agar aktivitas memanah dapat dilakukan dengan lebih optimal. Langkah berikutnya adalah mempelajari aturan dasar olahraga ini, mulai dari cara berdiri, memegang busur dengan benar. memasang anak panah pada busur, meregangkan tali busur, lalu melontarkan anak panah.

 

Memilih peralatan yang tepat

Olahraga panahan ini adalah latihan fisik yang membutuhkan perangkat sehingga Anda juga harus memperluas wawasan dengan mengetahui cara memilih peralatan panahan yang paling ideal bagi Anda. Bila tak ada batasan dana, busur jenis recurve serta compound bisa menjadi pilihan. Tetapi bila budget Anda terbatas, sebagai pemula Anda dapat memilih busur standar, horse bow, PVC, bahkan busur tradisional. Semua ini harganya sangat bersahabat.

 

Memilih busur yang paling tepat

Busur atau bow dapat dikatakan perangkat paling utama dalam panahan. Busur yang paling tepat bagi Anda adalah yang ukurannya proporsional dengan tubuh. Busur yang terlalu panjang akan berdampak pada panjang tarikan atau draw length. Para pemula sebaiknya menggunakan busur dengan berat tarikan  yang paling ringan. Ini karena Anda harus terlebih dahulu melatih focus dan tekniknya sehingga focus Anda sebaiknya tak terpecah karena tarikan yang terlalu berat. Akibatnya Anda bisa cepat lelah padahal dibutuhkan durasi yang cukup lama untuk aktivitas ini.

 

Memilih anak panah

Bagi pemula dalam Olahraga panahan ini sebaiknya menggunakan anak panah atau arrows yang murah karena belum terlalu terampil membidik. Para pemula seringkali menghancurkan arrow karena salah sasaran, menghantam benda keras, atau yang lainnya. Belum lagi anak panah juga seringkali hilang.

 

Pelindung

Ada beberapa aksesoris yang juga sebaiknya digunakan untuk mengantisipasi terjadinya cedera saat berlatih, yaitu pelindung jari, lengan, dan dada.


Kursus Olahraga panahan

Belajar memanah dengan  teknik yang baik dapat dilakukan di berbagai kursus panahan dengan biaya yang cukup terjangkau. Anda cukup merogoh kocek sekitar 75 ribu rupiah hingga 100 ribu rupiah untuk satu kali sesi latihan selama 60 menit. Seorang pelatih  hanya diperbolehkan mengajar paling banyak 7  orang dewasa, sementara untuk siswa anak-anak satu orang pelatih hanya boleh membimbing 5 anak.

 

Usia ideal berlatih panahan untuk mendapatkan hasil yang optimal adalah mulai usia 7 tahun hingga 10 tahun. Beberapa tempat kursus bahkan tak mengharuskan siswa untuk mempunyai alat memanah dengan lengkap, karena telah tersedia peralatan yang siap digunakan siswa. Bila Anda ingin sekedar mencoba atau trial saja tempat kursus semacam ini paling sesuai bagi Anda. Nah, semoga informasi tentang Olahraga panahan ini bisa menjadi referensi berguna  untuk Anda.

 


Tags:

panahan

Bagikan Post:

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar